"legit susu Pontianak: Berburu resep kue kesukaan"

lapis legit susu pontianak
Ilustrasi legit susu
Inovasi dan kreasi dari pengembangan Kue lapis legit begitu banyaknya di daerah daerah diseluruh Indonesia. Salah satu nya berasal dari provinsi kalimantan Barat yang beribu kota Pontianak. Kota Pontianak sebagai kota khatulistiwa juga punya kue yang istimewa yaitu lapis legit susu Pontianak.
Kue ini biasa ditemui saat hari hari istimewa atau hari besar keagamaan dan pesta penduduk. Karena membuatnya membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama karena harus melapis kue dengan kematangan yang merata membuat kue ini sangat istimewa. Tetapi kita tidak perlu khawatir atau repot untuk hanya sekedar merasakan atau menikmati sajian kue istimewa ini, karena Saat ini sudah banyak gerai/toko kue yang menjualnya, bahkan sudah ada yang memasarkan nya lewat toko online.

kue lapis legit susu Pontianak

Kue ini dibuat dengan telur sebagai bahan dasarnya. Telur juga bahan utama yang harus ada dalam pembuatan kue lapis legit. Penggunaan telur bervariasi dalam campuran ini, bisa 20 butir sampai 40 butir perloyang. Lapis susu pontianak menggunakan 20 butir telur yang diambil kuning nya saja.  Ini penggunaan yang paling sedikit. Proses membuat adonan sama dan tambahan susu kental manis yang lumayan banyak (1/2 kaleng) dan membuat rasa susu sangat kental sekali dalam kue. Lama memanggang dapat memakan waktu lebih dari 4 jam perloyang dengan penggunaan oven biasa. Namun bila menggunakan oven yang lebih besar dapat kita masukan minimal 2 loyang dalam sekali panggang.

salah satu alasan mengapa membuat kue ini, bahan untuk kue tidak terlalu banyak macamnya dan mudah ditemui walaupun anda tidak tinggal dikota besar serta proses membuatnya yang sama akan memudahkan anda yang terbiasa membuat kue lapis legit.Tetapi untuk anda yang ingin mencoba sensasi membuat dan mengerjakan sendiri, dibawah ini adalah resep cara praktis membuat kue lapis legit susu pontianak. Mari siapkan bahan bahan nya terlebih dahulu.

Bahan-bahan :

-> kuning telur           : 20 buah/butir
-> mentega                : 400 gram
-> gula pasir bubuk/halus : 125 gram
-> tepung terigu          : 50 gram
-> susu kental manis      : ½ kaleng
-> pasta moka             : ½ sendok teh

Cara Membuat :

- Siapkan wadah lalu masukan mentega, gula pasir lalu Kocok sampai merata.
- Tambahkan kuning telur dalam adonan dan terus dikocok sampai rata.
- tuang susu kental manis dalam adonan sambil tetap dikocok rata.
- Ayak tepung terigu lalu masukan dalam adonan dan terus diaduk rata.
- Bagi adonan ke dalam 2 bagian, satu bagian ditambahkan dengan pasta moka aduk rata adonan, biarkan satu bagian tetap berwarna putih.
- Panaskan oven dengan suhu 170 derajat, Siapkan loyang berukuran 22x22cm dan tinggi 7 cm alasi dengan kertas roti yang sudah diolesi mentega.
- Tuangkan adonan pasta moka kedalam loyang sebanyak 85 gram lalu ratakan, panggang dengan menggunakan api atas bawah sampai berwarna kecoklatan.
- Keluarkan loyang dari oven lalu lapis atasnya dengan adonan yang berwarna putih menggunakan api atas saja.
- Tekan tekan bagian atas kue supaya lebih padat dan rata dengan alat penekan kue lapis legit (bisa beli ditoko peralatan kue)
- Lakukan melapis kue dengan adonan moka dan putih bergantian hingga adonan habis dan panggang hingga kue matang.
- Keluarkan kue dari oven lalu dinginkan
- Kue dapat dipotong potong sesuai selera anda.

Nah, cukup mudah bukan?... Untuk sebagian orang kepuasan akan datang tidak hanya dengan membeli tetapi setelah anda melewati proses membuatnya. Resep ini juga menambah koleksi lapis legit sebagai kekayaan kuliner nusantara. Bila anda suka silakan bagikan resep cara praktis membuat kue lapis legit susu Pontianak kepada teman anda untuk mencobanya. gutlak...!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"

"Cake tikar: anyaman dengan tampilan terbaik!"

"Gurihnya Lumpia isi: dari masa kemasa"