"Warisan resep Emak : Praktis dan sederhana versi keluarga"

Saat ini banyak sekali sajian kue yang didapat dari resep kue warisan turun temurun dari keluarga. Muncul kembali kenangan masa kecil saat kita merasakan lezat dan nikmatnya kue. Tapi bisa jadi kue ini akan menghilang dari pasar seiring Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat dan
serba instan. Kita hanya dapat menikmatinya tanpa tahu resep dan cara membuat. Untuk melestarikan nya maka sajian 3 resep kue sederhana dan populer ini dapat anda coba buat dan praktekan untuk disajikan kepada keluarga anda tercinta..!

1. Resep cake sakura 


kue apem



Bahan

-> gula pasir : 500 gram
-> mentega lelehkan : 100 gram
-> terigu gluten sedang : 450 gram
-> air matang : 500 ml
-> telur : 4 butir
-> baking powder : 1 sdk makan
-> soda kue : 1 sdk makan

Cara Membuat :

- Masak dalam panci gula pasir 1/2 bagian sebanyak 250 gram sampai jadi karamel. Tuang air kedalam panci dan tidak perlu diaduk aduk. Rebus sampai matang dan memdidih lalu Angkat panci, dinginkan.
- Masukan dalam wadah sisa 1/2 bagian gula pasir dan telur lalu kocok sampai mengembang dan menjadi kental, bisa mengunakan mixe dengan kecepatan sedang selama 3 menit.
- Tuang gula karamel kedalam adonan telur sedikit sedikit saja sambil terus diaduk sampai rata, bila pakai mixer gunakan kecepatan rendah untuk mengaduk. Adonan akan nampak encer saat proses ini
- Tambahkan terigu, aduk kembali. Lelehkan mentega terlebih dahulu lalu masukan dalam adonan secara perlahan dan bertahap sambil diaduk sampai rata.
- Siapkan cetakan khusus untuk bolu sakura, oles dengan sedikit mentega dengan rata.
- Tuang 3/4 adonan ke dalam cetakan bolu sakura. Kukus hingga 15 menit atau sampai matang.
- Angkat dan keluarkan bolu dari cetakan.
- Sajikan dalam wadah datar dan kue bolu sakura siap dinikmat


2. Resep kue lambangsari lapis pisang  


Lambang sari



Bahan

-> Pisang uli/raja matang : 7 buah
-> Tepung beras : 200 gram
-> Tepung tapioka : 100 gram
-> Gula pasir : 200 gram
-> Santan kental : 400 ml
-> Santan Encer : 400 ml
-> Daun pandan : 2 lembar
-> Daun pisang muda : secukupnya

Cara Membuat : 

- Cuci dengan air bersih daun pandan sampai tidak ada kotoran yang menempel, kemudian ikat seperti tali simpul
- Pisang raja dikupas dan dipotong sesuai selera anda, bisa serong atau kotak kecil.
- Tuang santan encer dalam satu wadah lalu masukan berturut-turut tepung tapioka, tepung beras lalu aduk dengan sendok kayu sampai semua bahan menyatu dan tercampur serta pastikan tidak ada tepung yang mengumpal didalam adonan, setelah itu pisahkan adonan.
- Ambil panci yang sudah disiapkan lalu tuang santan, gula pasir, dan beri daun pandan yang telah disimpul tali. Gunakan api kecil untuk memasak sampai gula larut. Waktu memasak aduk terus agar santan tidak pecah setelah matang.
- Tambahkan adonan tepung, aduk-aduk kembali hingga adonan setengah matang dan mengental.
- Bersihkan daun pisang dan potong daun ukuran kecil untuk pembungkus, kemudian tuang 2 sdk makan adonan kental dan letakkan di atas daun pisang. Letakan diatas adonan 1 buah potongan pisang, setelah itu lipat daun pisang agar terbungkus dengan rapi.
- Lakukan meletakan adonan didaun pisang sampai dengan membungkusnya terus menerus sampai adonan habis.
- Siapkan panci untuk mengukus kue, kukus adonan yang dibungkus daun pisang tadi dengan api sedang sampai matang (estimasi 40 Menit)
- Supaya proses pematangan merata, letakan sisi lipatan daun pembungkus menghadap kebawah.
- Bila telah matang angkat kue dan anginkan sejenak untuk menghilangkan uap air yang menempel pada daun pembungkus.
- Susun dan letakan pada piring saji, kue lambangsari siap dinikmati.

Kue lambangsari ini sebenarnya lebih nikmat disantap saat kue hangat, sajikan dengan segelas minuman hangat akan menambah kekuatan rasa hidangan kue ini.


3. Resep kue lumpur 


kue lumpur



Bahan

-> Santan kelapa : 800 ml
-> Telur : 3 butir
-> Margarin : 250 gram
-> Kentang  : 1/4 Kg
-> gula pasir : 200 gram
-> Tepung terigu : 200 gram
-> Kismis : secukupnya
-> Vanilli bubuk : secukupnya
-> Garam : secukupnya

Proses Membuat :

- Cuci kentang dengn bersih, kupas dan buang kulitnya lalu kukus sampai matang, kemudian tumbuk/blender kentang agar halus, pisahkan.
- Tuang santan kelapa dalam wadah/panci lalu masak santan kelapa hingga mendidih dan matang. Dalam proses memasak santan, terus Aduk santan sampai santan mendidih supaya santan tidak pecah.  Setelah matang angkat dan biarkan dingin.
- Masukan kentang yang sudah dihaluskan kedalam santan kelapa. Aduk agar semua bahan menyatu dan tercampur dengan rata.
- Siapkan wadah lalu masukan bahan bahan ini, telur, gula pasir ke dalam wadah, kocok dengan mixer kedua bahan tersebut dan gunakan kecepatan sedang sampai tercampur rata dan berwarna pucat. (sesuaikan kadar manis dengan selera anda, bila kurang manis bisa menambahkan gula)
- Panaskan dalam loyang terlebih dahulu margarin sampai meleleh dan cair
- Tambahkan secara bertahap dalam adonan telur yaitu tepung terigu, kocok adonan terus sampai merata.Masukan margarin yang sudah di cairkan dan vanilli, lalu aduk – aduk kembali semua bahan hingga semuanya tercampur merata dan sisihkan.
- campurkan adonan santan dan kentang tadi kedalamnya, aduk adonan sampai menyatu dan tercampur merata dan adonan sudah siap untuk cetak.
- Siapkan cetakan khusus kue lumpur, oles dengan margarin merata kedalam setiap lobang cetakan kue lalu panaskan dengan menggunakan api kecil sebentar saja.
- Bila cetakan kue telah siap, tuangkan adonan kue lumpur ke dalam setiap lubang cetakan dengan mengisi 3/4 saja dalam setiap lunag cetakan.
- Beri potongan kismis sebagai toping di bagian atas adonan tersebut.
- Tutup adonan dan tunggu sampai kue lumpur memgembang dan matang terlihat dari bentuk dan warna yang berubah jadi kuning kecoklatan.
- Lakukan terus proses mengisi cetakan kue dengan adonan sampai adonan habis dan kue matang semua.
- Setelah matang angkat dan dinginkan.
- Ambil tempat saji lalu susun dan tata kue.
- Kue siap dihidangkan dan dinikmati.

Demikianlah sajian 3 resep kue basah sederhana dan populer yang dapat anda coba, semoga menjadi alternatif pilihan anda saat menyajikan kue basah tradisional kepada keluarga tercinta. Bagikan bila anda suka resep ini. Mudah mudahan sukses dan berhasil....!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"