"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

lapis legit Surabaya irit telur
Ilustrasi lapis surabaya
Surabaya merupakan kota besar ke 2 dipulau Jawa dan merupakan ibukota provinsi Jawa Timur. Kota cosmopolitan ini satu dari sekian banyak daerah yang mempunyai warisan kue istimewa dan dikenal dengan nama kue lapis legit Surabaya. Kue ini sudah terkenal dipulau jawa bahkan dibeberapa daerah dapat ditemui di swalayan atau toko yang mejual kue ini. Dengan rasa yang istimewa rasanya tidak sulit untuk kue ini disukai banyak orang.


Kue lapis legit Surabaya irit telur

Satu hal yang berbeda dari sajian khas ini adalah penggunaan telur yang banyak, tentu hal ini membuat biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu loyang kue perlu disiasati agar tidak menjadi mahal. Inovasi penggunaan telur kemudian dapat diaplikasikan pada resep kali ini dengan tambahan selai coklat dan strawberry dan tentunya digunakan telur yang lebih sedikit. Resep ini dapat digunakan bagi usaha rumahan untuk menekan biaya dan membuat harga jual dapat bersaing dipasaran.
Inilah rahasia membuat kue lapis legit surabaya dengan irit telur. Bila dihitung cuma menggunakan 5 butir telur perloyang. Rasa nya tidak kalah dengan yang asli yang pakai 45 telur, tetapi memang gak selembut yang asli, wkwkwk... kue ini tahan disimpan sampai 2 hari dn tidak ada perubahan rasa. Langsung saja nyoookk..!!!!

Bahan lapis Cokelat:

-> 5 (lima) buah/butir telur
-> 120 (seratus duapuluh) gr gula pasir
-> 75 (tujuhpuluh lima) gr mentega                                              
-> 90 (sembilanpuluh) gr tepung terigu
-> 10 (sepuluh) gram tepung maizena
-> 25 (duapuluh lima) gr cokelat bubuk (15 gr cokelat bubuk+10 gr cokelat bubuk hitam)
-> 1/2 sendok teh pasta cokelat blackforest
-> 1 sendok teh emulsifier/sp
-> 1 sendok makan susu kaleng kental manis putih

bahan lapis kuning:

-> 10 (sepuluh) buah/butir telur
-> 200 (duaratus) gr tepung terigu                                    
-> 200 (duaratus) gr gula pasir
-> 30 (tigapuluh) gr maizena
-> 150 (seratus limapuluh) gr mentega
-> 20 (duapuluh) gr susu bubuk
-> 1 sendok makan emulsifier/sp
-> 1 sendok makan susu kaleng kental manis putih

Bahan isi olesan:

100 gram selai strawberry atau ganti dengan selai sesuai selera

Cara membuat :

Bagian kue Lapis cokelat:

kocok mentega sampai putih dan lembut sekitar 3 menit. masukkan susu kental manis kocok lagi sebentar hingga merata. pisahkan.
Kocok telur,emulsifier/sp lalu tambahkan gula pasir sedikit sedikit sampai mengembang kental dan putih. masukan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk serta tepung maizena sambil diaduk rata.
Satukan dalam wadah adonan mentega dengan kocokan telur, tuangkan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
Tuang ke dalam loyang 24 x 24 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Masukan dalam Oven dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang, proses panggang 25 menit

Bagian kue Lapis kuning:

kocok mentega sampai lembut dan putih sekitar 5 menit. Masukan susu kental manis kocok sebentar saja hingga merata. pisahkan.
Kocok telur dan emulsifier/sp, masukan gula putih sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok. Kocok hingga mengembang kental dan putih, gunakan mixer kecepatan sedang. Lalu tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diaduk rata perlahan. Aduk sehingga merata. Masukan kocokan telur ke dalam adonan mentega sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Beri pewarna makanan (kuning telur) beberapa tetes saja agar hasil kue bisa lebih cantik berwarna kuning.
siapkan 2 loyang ukuran 24x24cm yang dioles margarin dan alasi kertas roti agar kue tidak menempel ke loyang, lalu Tuangkan adonan . Masukan Oven dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang atasnya kecoklatan.proses panggang 25 menit juga. Kalau oven ada api atas setelah kue matang taruh di rak atas lalu panggang sebentar agar lapisan atas kue tidak menempel.
.

Proses penyatuan kue lapis legit surabaya irit telur:

Ambil 1 bagian kue kuning. Letakkan bagian kulit di bawah. Oles dengan selai strawberry. kemudian Lapis atasnya dengan kue yang cokelat. Oles lagi dengan selai strawberry. Lapis lagi atasnya dengan kue yang kuning. Buat kue menjadi padat.
Potong kue dan siap disajikan.

Semoga dapat menjadi inspirasi untuk anda dan menambah perbendaharaan resep kue lapis legit yang dapat anda gunakan kemudian, bagikan bila anda suka. Gutlak..!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"