"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

lapis legit tanpa kuning telur
Ilustrasi legit tanpa kuning telur
Penggunaan telur sebagai bahan dasar pembuatan lapis legit sudah sangat umum dan menjadi satu syarat pembuatan lapsi legit.Umumnya bagian dari telur yang digunakan adalah kuning telurnya saja, sedangkan putih telurnya tidak digunakan. Pelaku dunia usaha biasanya akan memanfaatkan bahan yang tidak terpakai ini karena secara hitungan ekonomis dapat menambah keuntungan. Terobosan baru dilakukan dengan membuat berbagai macam kue lapis legit dengan hanya memanfaatkan putih telur sebagai bahan dasar nya. dan hasilnya adalah kue lapis legit tanpa kuning telur yang rasanya tidak kalah lezat dari yang berbahan dasar kuning telur.

lapis legit tanpa kuning telur

Kita dapat membuat 1 (satu) loyang lapis legit putih telur yang sangat lezat dengan memanfaatkan putih telur saja. eksplorasi Dengan memadukan resep lapis legit khas lampung ini dengan susu dan tepug ketan akan membuat putih telur menjadi gurih rasanya. Waktu yang dibutuhkan dan cara pembuatan lapis legit ini juga tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan lapis legit yang biasa.Walaupun tidak ada campuran bahan pengawet, kue ini dapat bertahan lama dengan menyimpannya pada lemari pendingin. Rasa yang dihasilkan dari kue satu ini jangan tanya, luarbiasa..!!! Kita akan menemukan rasa yang wow dari sepotong kue ini..!!

Sajian kue ini dapat digunakan untuk acara formal ataupun acara santai bersama keluarga. Karena harga bahan yang lumayan mahal maka kue ini berada pada varian kue yang istimewa dan spesial. Paling banyak ditemui pada acara acara perayaan pesta atau perayaan hari besar keagamaan pada masyarakat didaerah daerah yng mempunyai sajian khas ini.

Sudah banyak pelaku usaha yang melihat celah ini dengan menjual ditoko-toko atau dipasarkan secara online lewat internet. Pelaku usaha dari industri rumahan biasanya mensyaratkan pemesanan terlebih dahulu mengingat untuk membuat kue ini memerlukan waktu yang cukup lama. Jadi kenapa kita tidak mencoba untuk membuatnya sendiri dari pada mencoba tapi rasa kurang pas dengan selera kita?
Sudah siapkah anda dengan rasanya? Penasaran dengan bagimana cara buat kue lapis legit tanpa kuning telur?
nyok kita menuju dapur untuk membuat kue ini. Langsung praktek ya!!..

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

-> 400 (empat ratus) gram Putih Telur
-> 250 (dua ratus lima puluh) gram Mentega, kocok lembut {100 (seratus) gram Mentega,150 (seratus lima puluh) gram Margarin}
-> 100 (seratus) gram Tepung Ketan
-> 50 (lima puluh) gram Susu Bubuk
-> 200 (dua ratus) gram Gula Merah, sisir halus
-> 150 (seratus lima puluh) gram Gula Pasir
-> 1 sendok makan Emulsifier
-> 1 sendok teh penuh Bumbu Spekku
-> 1/4 sendok teh Garam


Cara Membuatnya :

-  Siapkan wadah lalu masukan putih telur dan emulsifier, kemudian kocok sampai setengah mengembang. Masukkan juga gula pasir serta gula merah sambil    terus dikocok hingga mengembang sempurna.
-  Masukkan berikut ini tepung ketan, susu bubuk, spekku dan garam sambil di aduk rata atau bisa juga gunakan mixer dengan speed 1(satu) atau rendah kemudian kocok sampai merata.
-  Tambahkan margarin dan mentega kemudian kocok sedikit demi sedikit sambil di aduk pelan - pelan.
-  Siapkan loyang persegi 20cm lalu alasi dengan kertas roti yang telah diolesi margarin
-  Masukan lapis pertama dengan menuangkan 2 sendok sayur adonan.
-  Gunakan oven dengan api atas bawah dengan suhu 180 derajat celcius untuk memanggang adonan pertama kurang lebih 5 menit atau sampai adonan berwarna kecoklatan
-  Angkat loyang dari dalam oven, tekan tekan dengan menggunakan alat tekan lapis legit supaya kue padat dan merata
-  Tuang adonan kembali diatas lapis pertama, gunakan api atas saja untuk mematangkan adonan
-  Lakukan pelapisan diatas dengan menggunakan adonan sampai habis
-  Setelah selesai pelapisan oven kembali dengan gunakan api bawah 170 derajat celcius selama 15 menit
-  Angkat loyang kemudian dinginkan
-  Potong Kue lapis legit tanpa kuning telur lalu hidangkan

Bagaimana? Tidak susah bukan? kreasikan sesuai keinginan anda saat disajikan. Saya berharap resep ini membantu anda yang ingin berkreasi membuat kue lapis legit tanpa kuning telur. Bagikan kesemua teman dan kerabat bila anda merasa resep ini bermanfaat. Bila kita bisa membuat sendiri mengap harus mengeluarkan banyak uang untuk membelinya? Disamping rasa yang sesuai dengan yang kita inginkan paling tidak kita sudah membuat sajian istimewa untuk keluarga tercinta Silahkan coba, gutlak..!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"