"inilah kuliner Masa kini: varian dari keluarga layer: Legit susu Amazing!"

kue lapis legit susu

Ilustrasi legit susu

Saat ini lapis legit jadi kue favorit banyak orang. Bahkan sudah populer kelezatannya diseluruh dunia dengan masuk pada jajaran kue terlezat dan menjadi kue no 5 besar terlezat didunia versi CNN lo. Ga percayalah??...cari digoogel ya.. Cita rasa yang lezat ditambah dengan campuran rempah asli Indonesia pada kue lapis legit ini menjadi penilaian tambahan. Patut kita sebagai orang Indonesia berbangga karena dunia juga sudah mengakui kelezatan kue ini dengan meletakannya di jajaran kue kue terlezat di seluruh dunia versi CNN. Kue yang dulu biasa disebut spekkoek atau diindonesia disebut spekuk atau lapis legit adalah resep Belanda -Indonesia. Berkembang sejak jaman kolonial belanda ini di inspirasi dari kue belanda yang kemudian dibuat dengan menggunakan bahan asli indonesia dan campuran rempah asli yang memang sangat disukai oleh masyarakat eropa.

kue lapis legit susu

Saat ini dengan berkembangnya zaman, kreasi lapis legit dengan memanfaatkan bahan yang berbeda, sudah banyak kita temui kue ini dengan berbagai rasa dan pilihan. Untuk mendapatkan kue ini Anda tidak perlu susah lagi karena sudah banyak yang menjual dan menawarkan kue ini baik ditokonya ataupun lewat jaringan sosial media. Tapi bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, tidak ada salahnya anda mencoba membuat sendiri kue ini dirumah. Butuh waktu dan kesabaran untuk membuatnya karena kue ini memang terkenal memakan waktu yang lama dalam prosesnya.
kue ini biasanya disajikan saat perayaan hari hari besar keagamaan atau acara formal dan pesta pernikahan atau lainnya. Rasa yang khas dan lezat dan proses membuat yang cukup lama membuat harga dipasaran pun terbilang tidak murah.

Namun untuk membuatnya kadang tidak semudah yang anda bayangkan, tapi apa salah nya mencoba?..ya pa nggak.. Bahan untuk pembuatan kue ini pun sudah banyak tersedia dipasaran, dan denga membuatnya sendiri kita akan memperoleh rasa yang pas dengan selera. Bahkan bila mempunyai naluri bisnis ini akan menambah penghasilan sampingan dari menjual kue lapis legit susu ini. Dibawah ini Resep yang sangat sederhana dan bahannya cukup mudah. Lihat mari cara praktis membuat kue lapis legit susu.

Bahan:

-> kuning telur - 30 butir
-> gula pasir - 200 gram
-> Mentega - 500 gram
-> tepung susu bubuk - 20 gram
-> tepung terigu protein sedang - 30 gram
-> susu kental manis putih - 5 sdm
-> essence vanilla - 1 sendok teh

Cara Membuat:

1. loyang ukuran 20x20cm disiapkan.
2. Supaya kue tidak menempel setelah matang olesi loyang dengan margarin dan alasi dengan kertas roti .  
3. Kocok mentega dan susu kental manis hingga mengembang dan berwarna pucat, atau bisa juga mengunakan mixer kecepatan sedang.  
4. Siapkan wadah yang lain lalu kocok kuning telur dan gula sampai mengembang.  
5. Campurkan dua bahan diatas, adonan kuning telur dengan adonan mentega kemudian aduk sampai rata.  
6. Setelah itu beri essence vanilla, masukan juga tepung terigu lalu aduk lagi sampai rata.  
7. Ambil loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti tadi lalu tuangkan adonan 2 sendok sayur lalu ratakan
8. Masukan oven kemudian panggang lapisan pertama di api atas bawah dengan suhu 170 derajat celcius sampai berwarna kecoklatan
9. Keluarkan loyang dari oven, tekan tekan kue supaya padat dan merata dengan alat tekan lapis legit
10. Setelah itu  tuangkan adonan lagi diatasnya lalu panggang dengan api atas saja dan lakukan lapis berikutnya terus sampai adonan habis.  
11. Keluarkan kue dari oven lalu dinginkan.  
12. Dipotong-potong sesuai selera.
13. lapis legit siap disajikan.

mudah sekali bukan? Walaupun ini terasa tidak begitu mudah paling tidak anda mendapat koleksi tambahan dari cara praktis membuat lapis legit susu. Anda juga dapat menyimpan resep ini dan sewaktu waktu dapat mengeluarkan nya untuk anda gunakan resep pada hari hari istimewa dan pasti rasanya yang lezat disukai oleh keluarga. Yuk segera cobain resep mudah yang satu ini. Atau bagikan kepada teman dan kerabat anda, mudah mudahan bermanfaat. Gutlak...!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"