"Mudahnya proses ini: menikmati lapis legit kukus"

lapis legit kukus
Ilustrasi Legit Kukus
Saat membayangkan kue lapis legit, apa yang terlintas pada anda? pasti terbayang kue yang lezat dan nikmat. Tetapi setelah saya menanyakan kebebrapa teman saya bagaimana cara untuk membuatnya, apakah mudah atau sulit, saya mendapati jawaban ini,
- kue lezat tapi sepertinya susah buatnya...!
- makan mau tapi males buatnya,,!
- ribet dan makan waktu buatnya lama..!

kue lapis legit kukus

Seperti yang sudah saya duga akan menemukan jawaban diatas. hhahaha... ini pas dengan apa yang dibenak saya. Memang tidak mudah membuat satu loyang kue  lapis legit dengan rasa yang lezat. Disamping bahan yang tidak murah juga proses membuat dan memanggang butuh waktu yang lumayan lama. Saat saya berkunjung kerumah salah seorang teman dipinggiran kota dan sudah berhasil dalam pemasaran kue lapis legit, saya mendapati disebelah rumah utamanya ada satu ruangan yang didalamnya terdapat banyak oven untuk memanggang kue. Lalu beberapa pekerja (Saya lihat ibu ibu semua) dengan aktifitas masing masing seperti membuat adonan, mengocok telur, menuangkan adonan dalam loyang serta hal lain. Tidak hanya lapis legit tetapi banyak kue kering lain yang dibuat untuk memasok gerai kue dan modern market dikota. Dari kecintaan dan hobby membuat kue ternyata usaha sampingan ini juga medatangkan keuntungan yang lumayan dari hasil penjualan. Dan ini adalah peluang bisnis rumahan yang dikembangkan.

Dulu membuat kue lapis legit membutuhkan waktu lebih dari 5 jam hanya untuk membuat satu loyang. cara memanggang diletakan diatas tungku api dengan bahan bakar kayu lalu diletakan oven diatasnya, Atau menggunakan kompor minyak tanah dengan hanya maksimal satu loyang yang dapat dipanggang. Tetapi sekarang karena perkembangan teknologi pembuatan oven yang berbahan bakar gas sudah banyak kita temui dan kita dapat memasukan 4 loyang atau lebih didalamnya sehingga menghemat waktu.

Saat ini ada cara yang lebih praktis dalam membuat kue lapis legit. Tidak seperti lazimnya yang dipanggang melainkan dengan metode dikukus. Bahan dan cara membuatnya kurang lebih sama dengan yang dipanggang, bedanya cara yang ini dengan dikukus. Waktu yang dibutuhkan pun tidak lama namun hasil kue tidak kalah enak dan lezat dengan yang dipanggang. Anda dapat mencoba membuat dengan resep praktis membuat kue lapis legit kukus dibawah ini. Siapa tahu anda terinspirasi untuk menjadikan usaha sampingan dari membuat kue ini. Silahkan kreasikan rasa pada kue sesuai dengan selera yang anda inginkan. Mari persiapkan bahan bahan nya dan praktek sekarang..!!

Bahan utama ;

-> 200 (duaratus) gram margarin
-> 8 (delapan) buah telur
-> 200 (Duaratus) gram gula pasir
-> 200 (duaratus) gram tepung terigu
-> 2½ sendok makan susu kaleng kental manis + 40 gram susu bubuk
-> 1 sendok makan pelembut/sp/tbm
-> ½ sendok teh baking powder
-> ½ sendok teh esense vanila

Untuk taburan kue lapis legit kukus

-> ½ sendok makan coklat bubuk
-> 1 sendok makan bumbu spekuk
(kedua bahan dicampur lalu di aduk rata)

Cara membuat ;

- Siapkan wadah lalu masukan margarin kemudian kocok sampai mengembang danlembut, tuangkan susu kental manis, kocok kembali sampai adonan merata, pisahkan.
- Siapkan wadah kedua dan masukan gula pasir, telur, pelembut lalu kocok hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, aduk kembali hingga rata dan tidak ada tepung menggumpal. Masukkan vanila esense, aduk kembali sampai adonan merata.
- Campur dan tuangkan adonan margarin sebelumnya sedikit sedikit ambil terus diaduk hingga semuanya tercampur rata sempurna.
- Siapkan loyang berukuran 20x20x7cm yang sudah dilapisi dengan kertas roti kemudian taburi dan ratakan dengan bahan taburan.
- Untuk lapis pertama masukan adonan kurang lebih 75 gram , ratakan pada loyang.
- Siapkan wadah untuk tempat mengukus kue lalu panaskan dengan api sedang.
- Kukus lapisan pertama selama 5 menit dengan api sedang hingga matang. Lakukan pelapisan terus menerus hingga adonan habis.
- Pada kukusan terakhir kukus kembali kue lapis legit hingga matang selama 10 menit.
- Dinginkan lalu potong sesuai selera lalu sajikan. Kue lapis legit kukus siap dinikmati.

Demikian cara membuatnya. Tidak sesulit yang anda bayangkan bukan? Anda dapat menyajikan kue ditemani secangkir minuman hangat pada keluarga tercinta. Simpan dan bagikan cara praktis membuat kue lapis legit kukus ini kepada teman atau kerabat bila anda suka, semoga sukses membuatnya. Gutlak..!!

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"