"Brownies coklat kukus: menebak rasa dari warnanya"

brownies lapis coklat kukus
Ilustrasi Brownies kukus
Pada awal resep brownies berupa tepung, mentega, gula, telur, coklat yang telah dilelehkan, serta kacang almond. Pada saat ini brownies telah mengalami banyak perubahan dan modif dengan beragam rasa seperti brownies pisang, blueberry, strawberry, kacang-kacangan, kopi, brownies keju,  dan banyak lagi variasi yang lain. Begitupun proses membuatnya yang tidak melulu dipanggang, tapi dengan proses pengukusan yang biasa kita sebut dengan brownies kukus.

Pertama kali muncul resep brownies Pada tahun 1904 dalam Home Cookery yang disebut Service Club Cook Book, pada buku resep The Boston Globe pada tahun 1905 serta dalam buku resep The Boston Cooking School Cook Book oleh Fannie Merritt Farmer pada tahun 1906. Dalam cook book tersebut Fannie Merritt F. menulis bahwa resep ini membuat sajian khasdengan rasa ringan dan seperti kue. Tetapi resep itu akhirnya merupakan resep untuk molasse, kue yang dipanggang dan bukan merupakan brownies yang saat ini kita kenal. Pendapat lain dan berbeda kue ini sangat mungkin didapat dari racikan adonan kue coklat yang tidak diberi baking powder dengan tidak sengaja dan membuat kue coklat menjadi bantat. Pendapat ini yang kemudian digunakan banyak orang.

Brownies coklat lapis

Brownies sekarang merupakan salah satu cake yang banyak dijual. Selain karena rasanya, bronies juga tahan untuk disimpan diwaktu yang lama. Buktinya, banyak kita temui gerai-gerai kue yang menyediakan cake ini. Bahkan banyak dijual ditoko/warung yang tidak khusus hanya menjual kue saja, melainkan barang kebutuhan rumahtangga. dengan harga yang terjangkau, bronies menjadi pilihan pembeli karena diwarung kecil bisa dibeli sepotong saja.Banyaknya penggemar kue ini banyak pula gerai khusus yang hanya menjual varian kue Brownies tanpa menjual jenis kue lainnya, menjadi fakta bahwa kue brownies merupakan sebuah peluang bisnis baru yang bagus kedepannya.

Banyak ragam brownies Sebenarnya brownies dapat dikatakan sebagai Cake gagal. Hal ini dapat kita cermati dari bahan-bahan yang digunakan dan tekstur akhir setelah matang. Bahan yang digunakan sama persis dengan Cake biasanya, perbedaan nya dapat terlihat saat bronies matang terlihat lebih bantat, tidak kering dan seperti kue basah/lembab. Walaupun demikian dari rasanya brownies tak kalah dengan kue lainnya.

Bahan-bahan

-> telur                   :   6 butir
-> gula pasir              : 225 gram
-> minyak goreng           : 175 ml
-> tepung terigu           : 125 gram
-> dark cooking chocolate  : 100 gram
-> coklat bubuk            :  50 gram
-> emulsifier              :   1 sndk teh
-> pasta coklat            : secukupnya
-> garam                   : secukupnya

Cara membuat

1. Campurkan dan kocok dalam 1 wadah, telur, gula, emulsifier dan pasta coklat, kocok sampai mengental dan terlihat kaku.
2. Siapkan wadah lalu Ayak tepung terigu dan campur dengan coklat bubuk, aduk sampai rata.
3. Ambil mangkuk lalu lelehkan dark chocolat  yang direndam dalam air panas. Setelah coklat meleleh angkat lalu masukan minyak goreng, campur dan aduk hingga rata.
4. Masukkan campuran tepung terigu dan bubuk coklat ke kocokan telur secara bertahap, aduk hingga rata.
5. Tambahkan coklat yang telah dilelehkan dan masukan kedalam adonan tepung aduk perlahan hingga tercampur sempurna.
6. Masukan adonan dalam loyang yang telah diolesi margarine, lalu kukus selama 20 menit hingga matang.
7. Angkat, dan dinginkan. Potong sesuai selera anda dan hidangkan.
8. Kue Brownies Kukus sudah siap dinikmati.

Sajikan Brownies hidangan istimewa anda atau pun sebagai camilan pelengkap saat berkumpul dengan keluarga. Selamat mencoba membuat kue brownies coklat lapis kukus. Bagikan keteman anda bila suka. Gutlak...!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"