"Lapis Roll: kreatif ide dari ibu ibu PKK"

lapis legit roll
Ilustrasi Lapis roll


Sekilas Lapis Roll


Sampai saat ini perkembangan zaman membuat membuat segala informasi tentang apapun begitu mudah nya kita dapatkan. Media sosial (facebook, twetter dsb) turut andil membuat pemyebaran info begitu cepat. saat ini semua infomasi apapun akan begitu cepat kita peroleh yang salah satunya Kreasi kue lapis legit. Metode pembuatan lapis legit yang lazim adalah melapis adonan dari lapis pertama sampai terakhir dengan loyang persegi empat dan kue akan mengikuti bentuk cetakan loyang yang digunakan. Hal yang baru dipembuatan kali ini dengan menggunakan pemanggang yang kecil dan dan praktis serta dapat menggunakan kompor (dapat memakai kompor gas atau dengan tungku berbahan bakar kayu atau arang). Tampilan kue menjadi unik karena lapis kue digulung dan hanya perlu empat lapis kue saja.

Lapis Legit Roll 

Sebagian kita akan menelan liur hanya dengan mendengar kata lapis legit disebut (Hehehe..lebay kalo kata anak jaman skarang..)Tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati kue ini karena  proses pembuatannya tidak butuh waktu lama (+- 4jam untuk yang original). Proses yang membuat waktu menjadi singkat adalah dengan menggunakan double pan/happy call atau teflon segi empat( Bila mengunakan yang bulat hasil roll tidak merata). Dan ini adalah peluang bisnis bagi ibu ibu rumahan untuk dapat menambah penghasilan sampingan selain mengurus rumah tangga.
Dibawah ini akan dijelaskan resep cara praktis buat lapis legit roll.

Bahan :

(Untuk satu gulung kue saja. butuh empat gulung kue)
-> telur ukuran sedang        : 4 butir/buah
-> tepung terigu              : 35 gram
-> margarine+butter           : 100 gram
-> gula                       : 70 gram
-> susu bubuk                 : 10 gram
-> bumbu lapis legit/spekoek  : 1/2 sdk teh

Cara membuatnya:

– Kocok margarine sampai adonan pucat dan mengembang, lalu pisahkan
– Kocok gula dan telur hingga putih mengembang
– Saring/Ayak tepung terigu, masukkan ke dalam adonan telur,tambahkan susu bubuk lalu kocok dengan speed rendah hingga rata.
– kemudian tuangkan  adonan margarine kocok tadi, aduk rata dengan spatulla
– panaskan happy call dengan api sedang
– bagi adonan menjadi 4 bagian
– 1 bagian di tuangkan ke happy call, ratakan ketebalannya. panggang 2-3 menit
– gulung langsung di atas happy call, angkat, sisihkan
– tuangkan 1 bagian lagi ke happy call, ratakan ketebalannya, letakkan gulungan cake adonan pertama  di ujung adonan kedua dalam happy call. panggang 2-3 menit
– gulung langsung
– ulangi proses hingga adonan selesai.
- diamkan agar dingin lalu potong dan sajikan

FAQ:

Saya pakai full butter , tidak dicampur dengan margarine.

Adonan kue bagian pertama yang sudah matang langsung di gulung kemudian disisihkan di tempat lain. Selanjutnya panggang adonan kue berikutnya (ke2), Taruh gulungan kue bagian pertama dan letakan dalam happy call diujung adonan bagian ke dua. Langsung digulung bila Selesai matang. Ulangi proses berulang sampai habis adonan kue.

Pada saat memanggang dengan happy call, posisi ditutup untuk mempercepat proses pematangan bagian permukaan kue. Gunakan api kecil saja, supaya bagian bawah kue tidak cepat gosong.

Kalau tidak punya happy call, dapat gunakan teflon yang segi empat, bila pakai yg bulat, nanti hasil rollnya tidak bagus merata.
Satu resep menghasilkan 1 buah roll kue lapis legit, bukan 4 buah roll lapis legit.

Demikian cara membuat kue lapis legit rool yang praktis dan mudah, semoga anda terinspirasi setelah mengetahui dan menjadikan sebagai usaha sampingan  untuk anda. Selamat mencoba. Gutlak..!!

Disarikan dari Recipe : dapurelkaje
Recooked by : Tiara Kusumawardhani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"