"Lapis Keju: Legit dengan sensasi yang menggigit"

lapis legit keju
Ilustrasi Legit Keju

Keju 

Keju merupakan makanan yang diperoleh dari proses memadatkan pada susu yang dikentalkan dengan bantuan bakteri atau enzim. Umumnya susu berasal dari sapi, kambing atau kerbau yang ditemukan terdapat pada keju lokal. Makanan ini sangat terkenal diseluruh dunia. Tidak ada kepastian siapa yang menemukan pertama kali, namun diduga sudah dikenal didaerah timur tengah pada jaman dahulu. Kadungan nutrisi pada keju mirip dengan nutrisi pada keju  termasuk lemak dan kolesterol yang bila dikonsumsi berlebihan akan berakibat masalah pada kesehatan.

Sebagai bahan kue

Satu lagi varian rasa dari kue special dan istimewa yaitu lapis legit keju. Perpaduan antara telur mentega dan gula pasir ditambah gurihnya keju membuat sensai berbeda saat dimulut. Sebenarnya keju pada lapis legit kali ini adalah untuk setiap lapis lapisan ditaburi dengan keju yang telah diparut, sehingga rasa keju sangat kental sekali.

Cara membuat dan memanggang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lapis legit pada umumnya, hanya pada saat selesai satu lapis diberi taburan keju saja. Tetapi rasa kejunya akan terasa mix dengan bahan bahan lainnya. Sajian kue lapis legit ini dapat disajikan saat ada acara acara istimewa dan untuk suguhan hari hari besar keagamaan  dan akan membuat nya berbeda dengan lapis legit original yang tanpa keju. Untuk lebih jelasnya maka dibawah ini adalah sajian resep trik mudah membuat lapis legit keju dengan rasa yang lezat dan menggugah selera.

Bahan-bahan :
-> Kuning Telur  : 30 buah
-> Keju Cheddar  : 200 gram
-> Gula Pasir, bagi dua          : 340 gram
-> Butter (bisa butter segitiga) : 340 gram
-> Susu Kental Manis Putih  : 3 sdk makan
-> Susu Bubuk (27 gr)       : 1 scht
-> vanili bubuk             : 1 sdk teh


Cara membuat :

- Siapkan satu wadah dan masukan butter, setengah bagian gula pasir lalu kocok sampai mengembang (dapat menggunakan mixer kecepatan sedang). pisahkan adonan.
- Ambil satu wadah lagi lalu Kocok telur, setengah bagian gula pasir lagi, dan vanili sampai mengembang.
- Campur adonan telur ke adonan mentega, dengan memasukannya sedikit sedikit lalu diaduk rata, gunakan spatula.
- Kemudian tambahkan susu bubuk,susu kental manis dan aduk kembali sampai rata.
- Siapkan oven lalu panaskan dengan suhu 180derajat. Pakai loyang ukuran 18X18cm, olesi dasar loyang dengan margarine dan dialasi kertas roti.
- Masukan 1 sendok sayur adonan ke dalam loyang sambil diratakan, panggang dengan menggunakan api bawah selama 5 menit hingga matang.
- Keluarkan loyang dari oven, tekan dengan menggunakan sendok atau alat tekan khusus lapis legit sampai padat dan rata, lalu tuang lagi 1 sendok sayur adonan, lalu taburi dengan keju yang diparut. Panggang dengan api atas saja, selama 5 menit sampai matang.
- Taburan keju dilakukan pada lapisan kedua, empat, enam dan setiap kelipatan dua, lakukan terus melapis kue sampai adonan habis
- Setelah selesai melapis panggang lagi selama 10 menit agar kue matang merata.
- Keluarkan kue dari oven, lalu dinginkan
- Potong potong selera anda, lalu sajikan

Menikmati kue lapis legit keju dapat disajikan dengan secangkir minuman hangat, akan terasa pas dan nikmat. Silahkan anda coba resep ini. Semoga resep trik mudah membuat lapis legit ini bermanfaat untuk anda. Gutlak...!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"