"Martabak Manis Mini: Kecil tapi bikin kangen"

martabak mini


Martabak merupakan sajian yang biasa ditemukan di banyak wilayah hijaz (Arab saudi, Yaman) Indonesia, Singapura, Brunai dan kawasan asia tenggara. Martabak berarti terlipat dalam bahasa arab . Komposisi dan isi martabak dapat saja bervariasi, tergantung pada nama dan lokasi. Kepopuleran Sajian ini membuatnya sangat mudah ditemukan diberbagai kota diIndonesia, lazimnya pedagang menggunakan gerobak dorong untuk menjual dan menjajakan martabak dipinggir jalan besar, bahkan digerai atau toko penjual masih dapat ditemui penggunaan gerobak sebagai display sekaligus tempat memasaknya.

Martabak Manis Mini

Ada dua jenis martabak di Indonesia yaitu martabak manis biasa dengan taburan coklat dan martabak telur berisi campuran sayuran, telur serta daging. Dalam bahasa malaysia disebut apam balik untuk martabak manis, disajikan dengan secangkir teh tarik. Martabak sendiri merupakan jenis sajian kue yang diberi selai dan biasanya disajikan sebagai makanan ringan.  Dipulau sumatra sajian ini biasa nya dinamai martabak manis, dibeberapa daerah (Pulau Bali-red) sajian ini disebut terang bulan. Martabak manis adalah jenis kue yang diisi dengan bermacam-macam topping seperti kacang, coklat, keju dan tambahan kismis. Banyak disajikan sebagai teman secangkir minuman hangat. Banyak variasi untuk martabak manis saat ini, salah satunya adalah resep mudah membuat martabak mini lezat.

Membuat sajian ini tidak banyak mengeluarkan biaya karena bahan bisa dengan mudah kita dapatkan. Perlu kesabaran dan kreatifitas agar martabak yang kita buat menarik dan tentu dengan rasa yang enak. Untuk bahan taburan disesuaikan dengan selera masing masing dan dalam resep ini menggunakan keju dan wijen yang dapat anda ganti dengan coklat, kacang, kismis atau bahan lainnya. Kita mulia dengan mempersiapkan bahan bahan nya terlebih dahulu.

Bahan Kulit :

-> tepung terigu
   (protein sedang)             : 500 gram
-> gula pasir                   : 100 gram
-> air                          : 650 ml
-> telur                        : 2 butir
-> vanili bubuk                 : 1/4 sendok teh
-> garam                        : 1/2 sendok teh
-> baking powder                : 1 sendok teh

Bahan Tabur :

-> keju parut                   : 25 gram
-> mentega asin                 : 1/2 sendok makan
-> gula pasir                   : 1/2 sendok teh
-> meises                       : 1 sendok makan
-> wijen sangrai                : 1/4 sendok teh
-> susu kental manis            : 1/2 sendok makan

berikut Cara membuatnya :

1. Ayak tepung terigu dan campur dengan baking powder.
2. Tuangkan gula pasir. Aduk hingga merata. Beri telur yang telah dikocok sebelumnya, dan tambahkan vanili bubuk, dan garam. Aduk rata.
3. Tuangkan air sambil terus dikocok sedikit demi sedikit dalam adonan sampai lembut (dapat dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang 20 menit). lalu Diamkan lebih kurang 1 jam.
4. siapkan 125 gram adonan (bisa dengan ditimbang). Beri tambahan 1/4 sendok teh baking powder. Aduk hingga merata.
5. Tuang dicetakan martabak manis kecil yang sudah dipanaskan dengan api sedang 15 menit. Biarkan berbusa. Kecilkan api.
6. Tabur 1/2 sendok teh gula pasir dan biarkan sampai berlubang. Tutup. Biarkan sampai menjadi matang. Angkat.
7. Oleskan di atas martabak manis dengan 1/2 sendok makan mentega asin.
8. Tabur atas kue dengan gula pasir, meises, wijen, keju parut dan susu kental manis 


terang bulan


Potong jadi 2 lalu lipat, sajikan saat hangat dengan tambahan secangkir minuman hangat. Bagikan resep ini kepada saudara dan teman anda bila anda suka. gutlak..!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"