"Mengungkap Rahasia Khamir yang Bikin Lidah Bergoyang"

Kue Khamir


khamir 1


Kue khamir atau dikenal juga dengan sebutan kue bolu kukus ini, merupakan salah satu jenis kue yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Ada beberapa versi mengenai asal-usul kue ini, namun sebagian besar mengatakan bahwa kue khamir berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari daerah Levant yang mencakup beberapa negara seperti Lebanon, Suriah, dan Palestina.

Kue khamir awalnya dibuat dari campuran tepung, susu, dan madu yang kemudian difermentasi dengan ragi atau yeast, sehingga menghasilkan adonan yang mengembang. Istilah "khamir" sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah ragi atau yeast.

Seiring dengan berjalannya waktu, kue khamir kemudian dibawa oleh pedagang-pedagang dari Timur Tengah ke nusantara, dan karena terinspirasi oleh pengaruh local, rasanya pun berbeda dengan kue khamir asli dari Timur Tengah. Kue bolu kukus ini kemudian dikenal sebagai kue khamir Indonesia, dan sekarang sudah menjadi salah satu hidangan favorit di Indonesia.


khamir 3


Resep Kue Khamir

Untuk membuat kue khamir, berikut adalah resep sederhana dan mudah diikuti:

Bahan:

- 250 gram tepung terigu protein sedang

- 2 butir telur

- 200 ml susu cair

- 50 gram margarin, lelehkan

- 1/2 sendok teh garam

- 1 sendok makan ragi instan

- 150 gram gula pasir

- Air secukupnya

- Toping atau taburan bubuk coklat.


Cara membuat:

1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula, ragi instan dan garam ke dalam satu wadah secara terpisah.

2. Selanjutnya, kocok telur dengan whisk atau mixer. Tambahkan susu cair dan margarin yang telah dilelehkan, aduk secara merata.

3. Setelah itu, masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur secara bertahap sambil diaduk-aduk hingga adonan tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk-aduk terus hingga adonan tidak terlalu cair.

4. Setelah adonan siap, diamkan selama 30 menit hingga mengembang.

5. Siapkan loyang yang telah dioles margarin dan ditaburi dengan tepung tipis. Kemudian masukkan adonan ke dalam loyang lalu kukus selama kurang lebih 30 menit.

6. Jika sudah matang, keluarkan kue khamir dari loyang dan biarkan dingin sejenak sebelum dihidangkan. Hiasi kue khamir dengan taburan bubuk coklat atau topping sesuai selera.


Penyajian

Kue khamir biasanya disajikan dalam keadaan dingin dan dipotong-potong sebelum dihidangkan. Anda juga dapat menambahkan taburan bubuk coklat atau topping sesuai selera untuk memperkaya tampilannya.

Kue khamir ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di lemari es agar tetap segar. Kue khamir dapat bertahan selama 2-3 hari jika disimpan dengan baik.


khamir 3


Kue khamir merupakan salah satu jenis kue yang sudah ada sejak zaman dahulu dan berasal dari Timur Tengah. Kue ini kemudian dibawa ke Indonesia dan menjadi salah satu kue kesukaan masyarakat Indonesia. Resep kue khamir yang sederhana membuatnya sangat mudah diikuti, sehingga Anda dapat membuat kue ini dengan mudah di rumah. Tidak hanya lezat, tampilan kue khamir yang indah juga akan menjadikan hidangan ini menjadi favorit di antara teman dan keluarga.


Itulah resep dan cara membuat kue khamir yang lezat dan mudah. Jangan lupa untuk mencoba membuatnya di rumah dan berbagi pengalaman Anda dengan kami di kolom komentar di bawah ini. Jika Anda menyukai artikel ini, jangan ragu untuk membagikannya ke media sosial Anda. Terima kasih telah membaca!











Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Irit telur tapi hasil maksimal:Lapis Surabaya!"

"Siapa takut!: buat kue lapis legit tanpa kuning telur"

"Lapis Moscovis: Varian Spesial rasa baru tanpa tanding!"